Breaking News
Loading...
Minggu, 25 Agustus 2013

Cara Membangun Karakter Melalui Integritas

"Menjadi diri-Mu sendiri adalah sebuah kenyataan, dan itu harus kita ikuti, karena pada malam hari, engkau tidak bisa berbohong kepada siapapun." - William Shakespeare, 1564-1616
 
Hal yang indah tentang karakter dan integritas yang erat kaitannya adalah bahwa mereka adalah salah satu dari beberapa hal dalam hidup yang tidak akan bisa melawan pada diri Anda. Pilihan ada di tanganmu sendiri. Bahkan jika seseorang bisa mengambil hidupmu, mereka tidak bisa memaksamu untuk membuat pilihan yang Anda yakini adalah salah.
 
Tindakan di bawah ini tidak bisa dilakukan sekaligus atau dipaksakan. Masing-masing membutuhkan waktu untuk memahami dan menerapkannya terhadap kehidupan. Pelajari tentang kebajikan dan nilai-nilai itu sendiri, dan bagaimana cara untuk menyesuaikan dengan kehidupanmu dan lingkungan sekitar. Ikuti langkah-langkah berikut untuk memperbaiki diri sendiri dengan membangun karakter Anda.




Langkah:
  1. Memahami arti dari karakter dan integritas. Definisi kata-kata ini sering diregangkan atau disalah artikan. Berikut Pengertiannya:
    • Karakter adalah jumlah dari kualitas yang muncul dalam diri seseorang atau kelompok, kekuatan moral atau etika, dan deskripsi dari diri seseorang, sifat dan kemampuan. Karakter adalah siapa Anda. Ini mendefinisikan Anda dan membimbing tindakan Anda, mudah-mudahan dengan cara yang positif.
    • Integritas adalah kepatuhan teguh kepada kode moral atau etika yang ketat, menjadi utuh, sehat, (utuh berarti tak terbagi; masih lengkap).
    • Integritas dapat disimpulkan secara sederhana sebagai melakukan hal yang benar untuk alasan yang tepat bahkan ketika tidak ada yang melihat.
  2. Pilih seperangkat aturan, moral, atau prinsip-prinsip yang Anda percaya akan membuat Anda senang, puas, dan benar-benar hidup, serta dunia yang lebih baik. Anda dapat mempelajari etika dari agama, atau Anda dapat mengembangkan sendiri, berdasarkan pengalaman Anda.

  3. Lihatlah pilihan yang kamu buat di masa lalu, dan amati seberapa banyak kamu telah hidup atau belum hidup dengan prinsip-prinsip. Jangan buang waktu perasaan menyesal atau bersalah. Ingat bahwa "... sampai seseorang dapat mengatakan secara mendalam dan jujur, apa yang aku lakukan hari ini dikarenakan apa yang aku lakukan  kemarin, orang tidak bisa mengatakan dengan memilih sebaliknya." -Stephen R. Covey.
  4. Putuskan prilaku apa yang harus kamu rubah untuk menyelaraskan hidupmu dan yakini apa yang kamu percayai.

  5. Sadarilah setiap keputusan yang kamu buat, namun besar atau kecil, dan seberapa dekat keputusan itu membawamu untuk menjadi orang yang benar-benar ingin melakukan itu.

Tips

  • Bukanlah dunia yang memberlakukan itu, melainkan apa yang kamu lakukan untuk dunia.
  • Ketahuilah bahwa apa yang kamu lakukan mencerminkan pada sikap Anda dan orang-orang di sekitar Anda. Bertanggung jawablah atas tindakanmu sendiri, belajar dari orang-orang baik untuk menjadi orang yang lebih baik.
  • Membuat jurnal, dan merekam kemajuan setiap hari.
  • Konsultasikan kehidupan dari karya Victor Frankl, seperti kutipan ini:

    "Kami yang tinggal di daerah konsentrasi dapat mengingat orang-orang yang berjalan melalui gubuk menghibur orang lain, memberikan potongan roti terakhir mereka. Mereka mungkin tinggal sedikit jumlahnya, tetapi mereka memberikan bukti yang cukup bahwa segala sesuatu dapat diambil dari seorang pria kecuali satu hal: terakhir dari kebebasan manusia - untuk memilih sikap dalam setiap keadaan - untuk memilih cara sendiri ".
  • Anda mungkin akan merasa rasa percaya diri dan kekuatan pribadimu akan tumbuh seperti yang kamu hadapi dan mengatasi tantangan dalam menjunjung nilai-nilai kihudupan, dimanapun berada.

Peringatan

  • Waspadalah terhadap orang-orang yang akan mencoba untuk meyakinkan untuk menyerah pada karakter atau integritas, mengatakan bahwa tidak ada yang sempurna, dan mengejek Anda untuk menjadi idealis tersebut. Fakta bahwa tidak ada yang sempurna tidak berarti melanggar apa yang diyakini benar. Ada baiknya untuk belajar dari kesalahan kita, tetapi kita tidak selalu perlu melakukan kesalahan untuk belajar. Ingat bahwa berjuang untuk menjadi sempurna dan menjadi sempurna dua ide yang berbeda, yang pertama adalah integritas, yang terakhir adalah kesia-siaan.
  • Karakter adalah unik. Setiap karakter yang dimiliki seseorang mungkin tidak cocok dengan orang lain. Jadi jangan coba-coba untuk itu. Membangun atas dasar bakat sendiri dan cahaya batin dalam diri Anda. Self assessment, evaluasi diri , introspeksi kerja dll dengan baik, tetapi tidak pernah berkecil hati oleh kegagalan kecil dan kritik seputar kegagalan. Berdiri teguh pada keyakinan. Setiap manusia memiliki potensi yang sama untuk berhasil.
Tag:
  
Membangun Karakter melalui Integritas - SlideShare www.slideshare.net/Shobrie/membangun-karakter-melalui-integritas‎ Membangun Karakter melalui Integritas. by Shobrie Hardhi, SE, CPHR, CPTr. on Oct 31, 2012. 778 views. Bagi Para Peminat Slide Presentasi ini dapat ... Membangun Integritas Dalam Karakter Anda | ArtikelPria.com ... www.artikelpria.com › Tentang Pria‎ 20 Mar 2012 - Mau tahu hasilkan uang melalui internet? disini tempatnya tips, trik maupun ... Jika Anda membangun integritas ke dalam karakter Anda, ... Pemimpin Visioner: Cara Membangun Karakter Dan Integritas ... budayapemimpin.blogspot.com/.../cara-membangun-karakter-dan-integr...‎ 8 Agt 2012 - Cara Membangun Karakter Dan Integritas Pemimpin. Membangun karakter memerlukan proses. Karakter akan terbentuk berdasarkan sikap ... Lokakarya “Membangun Karakter dan Integritas” - Goresan Tinta ... windysitinjak.blogspot.com/.../lokakarya-membangun-karakter-dan.html‎ 9 Mei 2013 - Materi “Budaya Sebagai Pilar Membangun Karakter dan Integritas ... sehingga melahirkan karakter yang baik pula, terbagi dalam 4 cara : olah ... Cara Membangun Karakter | Tipsmu - Tipsku www.tipsmu-tipsku.com › Bisnis › Pengembangan Diri‎ Peringkat: 4 - ‎100 ulasan Cara Membangun Karakter - Tipsmu - Tipsku - Cara Membangun Karakter. ... Integritas moral muncul jika individu mampu mengambil keputusan melalui proses ... Lainnya oleh panbran os Langkah Mengembangkan Integritas Pribadi - Radio Antero portal.radioantero.com/index.php?option...id...integritas...‎ 25 Apr 2013 - Setiap orang perlu membangun integritas dirinya, agar dapat ... dan perbuatan merupakan salah satu cara membangun integritas pribadi. pendidikan karakter sebagai upaya pengembangan nilai integritas ... husnakun.wordpress.com/.../pendidikan-karakter-sebagai-upaya-pengem...‎ 19 Sep 2007 - Karakter ini akan terbentuk melalui proses pendidikan. .... Dalam proses penerapannya, untuk membangun integritas diperlukan pengetahuan ... pelatihan menata kepribadian positif, integritas, dan etika kecerdasanmotivasi.wordpress.com/.../pelatihan-menata-kepribadian-posi...‎ 8 Mei 2011 - Membangun karakter, kepribadian, dan kesadaran peserta melalui dorongan ... Peserta akan belajar cara menjalankan integritas melalui nilai, ... integrasi kurikulum berbasis karakter dalam pelaksanaan ... pesantrennusantara.com › Wawasan Islam › Seputar Pendidikan‎ Diagram 1.1: Penanaman Karakter melalui Pelaksanaan Pembelajaran. 1. ... Ada sejumlah cara yang dapat dilakukan untuk mengenalkan nilai, membangun ... Jadilah Orang yang Berintegritas - Solusi Percaya Diri wownita.blogspot.com › Kesuksesan‎ Integritas adalah pondasi dari karakter. Dan pembentukan karakter ... Berikut ini cara lain untuk mengajukan pertanyaan tersebut. Siapa orang yang paling ...

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2013 Damarweb.blogspot.com All Right Reserved | Share on Blogger Template Free