Breaking News
Loading...
Kamis, 19 September 2013

cara membuat partisi dengan cmd

Berlaku Untuk: Windows Server 2003, Windows Server 2003 R2, Windows Server 2003 dengan SP1, Windows Server 2003 dengan SP2

Untuk membuat partisi atau drive logis

  • Menggunakan antarmuka Windows
  • Menggunakan baris perintah

Menggunakan antarmuka Windows

  1. Buka Manajemen Komputer (Lokal).
  2. Pada pohon konsol, klik Manajemen Komputer (Lokal), klik Storage, lalu klik Disk Management.
  3. Klik kanan daerah yang tidak terisi dari disk dasar, kemudian klik Partisi Baru, atau ruang bebas klik kanan pada perluasan partisi, dan kemudian klik New Logical Drive.
  4. Dalam wizard New Partition, klik Next, klik partisi primer, Perluasan partisi, atau drive logis, kemudian ikuti petunjuk pada layar Anda.
Catatan
  • Untuk melakukan prosedur ini pada komputer lokal, Anda harus menjadi anggota dari grup Operator Backup atau grup Administrator pada komputer lokal, atau Anda harus telah didelegasikan otoritas yang tepat. Untuk melakukan prosedur ini dari jauh, Anda harus menjadi anggota dari grup Operator Backup atau grup Administrator pada komputer remote. Jika komputer bergabung dengan domain, anggota kelompok admin Domain mungkin bisa melakukan prosedur ini. Sebagai praktik terbaik keamanan, pertimbangkan untuk menggunakan Dijalankan sebagai untuk melakukan prosedur ini. Untuk informasi lebih lanjut, lihat kelompok default lokal , kelompok default , dan Menggunakan Run as .
  • Untuk membuka Manajemen Komputer, klik Mulai, klik Control Panel, klik dua kali Alat administratif, dan kemudian klik dua kali Manajemen Komputer.
  • Anda dapat membuat partisi utama, perluasan partisi, dan pengandar logis hanya pada disk dasar. Anda harus membuat volume dasar bukan volume dinamis jika komputer ini juga menjalankan MS-DOS, Windows 95, Windows 98, Windows Millennium Edition, Windows NT 4.0, atau Windows XP Home Edition.
  • Pada boot record (MBR) master disk, Anda dapat membuat hingga empat partisi utama, atau tiga partisi utama, satu partisi extended, dan tidak terbatas drive logis.
  • Pada tabel partisi (GPT) disk yang GUID, Anda dapat membuat hingga 128 partisi primer.

Menggunakan baris perintah

Using a command line

  1. Open Command Prompt.
  2. Type:

    diskpart
  3. At the DISKPART prompt, type:

    list disk

    Make note of the disk number of the disk on which you want to create a primary or extended partition.
  4. At the DISKPART prompt, type:

    select disk n

    Select the disk n where you want to create the primary or extended partition.
  5. At the DISKPART prompt, type one of the following:

    create partition primary [ size= n ] [ offset= n ] [ ID= byte | GUID ] [ noerr ]

    or

    create partition extended [ size= n ] [ offset= n ] [ noerr ]

    or

    create partition logical [ size= n ] [ offset= n ] [ noerr ]
  6. At the DISKPART prompt, type:

    assign letter = D

 

Nilai Deskripsi
list disk Menampilkan daftar disk dan informasi tentang mereka, seperti ukuran, jumlah ruang kosong yang tersedia, apakah disk adalah disk dasar atau dinamis, dan apakah disk menggunakan master boot record (MBR) atau tabel partisi GUID (GPT) gaya partisi. Disk ditandai dengan tanda bintang (*) memiliki fokus.
pilih disk yang Memilih disk yang ditentukan, di mana n adalah jumlah disk, dan memberikan fokus.
membuat partisi primary Membuat partisi utama pada disk dasar saat ini. Setelah Anda membuat partisi, fokus otomatis bergeser ke partisi baru. Partisi tidak menerima huruf drive, Anda harus menggunakan perintah menetapkan untuk menetapkan huruf drive untuk partisi.
membuat partisi extended Menciptakan sebuah partisi pada drive saat ini. Setelah partisi telah dibuat, fokus otomatis bergeser ke partisi baru. Hanya satu partisi extended dapat dibuat setiap disk. Perintah ini gagal jika Anda mencoba untuk membuat partisi extended dalam partisi extended lain. Anda harus membuat partisi extended sebelum Anda dapat membuat drive logis.
membuat partisi logical Membuat drive logis dalam partisi extended. Setelah partisi telah dibuat, fokus otomatis bergeser ke drive logis baru.
size = n Ukuran partisi dalam megabyte (MB). Jika ukuran tidak diberikan, partisi terus sampai tidak ada lebih banyak ruang yang tidak terisi di daerah saat ini. Ukurannya silinder bentak, ukuran tersebut dibulatkan ke batas silinder terdekat. Misalnya, jika Anda menetapkan ukuran 500 MB, partisi akan dibulatkan menjadi 504 MB.
offset = n Byte offset di mana untuk membuat partisi. Jika tidak ada offset diberikan, partisi akan dimulai pada awal ruang kosong pertama pada disk. Untuk boot record (MBR) disk master, offset silinder bentak, offset dibulatkan ke batas silinder terdekat. Misalnya, jika Anda menetapkan sebuah offset yang 27 MB dan ukuran silinder 8 MB, offset dibulatkan ke batas 24 MB.
ID = byte | GUID Ditujukan untuk Original Equipment Manufacturer (OEM) hanya menggunakan.
Hati-hati
  • Membuat partisi dengan parameter ini dapat menyebabkan komputer Anda crash atau tidak dapat start up. Kecuali Anda seorang OEM atau seorang IT profesional berpengalaman dengan disk GPT, jangan membuat partisi pada disk GPT menggunakan ID = byte | parameter GUID. Sebaliknya, selalu gunakan perintah partisi EFI create untuk membuat partisi EFI Sistem, partisi msr perintah create untuk membuat partisi Reserved Microsoft, dan menciptakan partisi perintah primer (tanpa ID = byte | parameter GUID) untuk membuat partisi utama pada disk GPT.
Untuk MBR disk, Anda dapat menentukan jenis partisi byte untuk partisi. Jika tidak ada tipe partisi byte ditentukan pada MBR disk, partisi menciptakan perintah utama membuat partisi tipe 0x6. Setiap jenis partisi byte dapat ditentukan dengan ID = byte | parameter GUID DiskPart tidak memeriksa partisi tipe byte untuk validitas, juga tidak melakukan apapun pengecekan lain dari parameter ID..
Untuk disk GPT Anda dapat menentukan jenis partisi GUID untuk partisi yang ingin Anda buat:
  • Sistem EFI partisi: c12a7328-f81f-11d2-ba4b-00a0c93ec93b
  • Microsoft pendiam partisi: e3c9e316-0b5c-4db8-817d-f92df00215ae
  • Partisi data dasar: ebd0a0a2-b9e5-4433-87c0-68b6b72699c7
  • Partisi Metadata LDM pada disk dinamis: 5808c8aa-7e8f-42e0-85d2-e1e90434cfb3
  • Partisi data LDM pada disk dinamis: af9b60a0-1431-4f62-BC68-3311714a69ad
Jika tidak ada partisi tipe GUID ditentukan, partisi menciptakan perintah utama membuat partisi data dasar. Setiap jenis partisi dapat ditentukan dengan ID = byte | parameter GUID DiskPart tidak memeriksa partisi GUID untuk validitas, juga tidak melakukan apapun pengecekan lain dari parameter ID..
noerr Untuk scripting saja. Ketika kesalahan ditemui, menetapkan bahwa DiskPart terus memproses perintah seolah-olah kesalahan tidak terjadi. Tanpa parameter noerr, kesalahan menyebabkan DiskPart untuk keluar dengan kode kesalahan.
assign letter = D Menetapkan huruf drive, D, dengan volume dengan fokus. Jika tidak ada huruf drive atau mount point yang ditentukan, huruf drive yang tersedia berikutnya diberikan. Jika huruf drive atau mount point sudah digunakan, kesalahan yang dihasilkan.
Catatan
  • Untuk melakukan prosedur ini pada komputer lokal, Anda harus menjadi anggota grup Operator Backup, grup Administrator, atau Anda harus telah didelegasikan otoritas yang tepat. Jika komputer bergabung dengan domain, anggota kelompok admin Domain mungkin bisa melakukan prosedur ini. Sebagai praktik terbaik keamanan, pertimbangkan untuk menggunakan Dijalankan sebagai untuk melakukan prosedur ini. Untuk informasi lebih lanjut, lihat kelompok default lokal , kelompok default , dan Menggunakan Run as .
  • Untuk membuka command prompt, klik Mulai, arahkan ke Semua program, arahkan ke Aksesoris, lalu klik Command prompt.
  • Anda dapat membuat partisi utama, perluasan partisi, dan pengandar logis hanya pada disk dasar. Anda harus membuat volume dasar bukan volume dinamis jika komputer ini juga menjalankan MS-DOS, Windows 95, Windows 98, Windows Millennium Edition, Windows NT 4.0, atau Windows XP Home Edition.
  • Pada boot record (MBR) master disk, Anda dapat membuat hingga empat partisi utama, atau tiga partisi utama, satu partisi extended, dan tidak terbatas drive logis.
  • Pada tabel partisi (GPT) disk yang GUID, Anda dapat membuat hingga 128 partisi utama, tapi tidak ada partisi extended atau drive logis.
  • Anda tidak dapat membuat partisi pada removable media menggunakan DiskPart.
  • Untuk informasi lebih lanjut tentang DiskPart, lihat Topik Terkait.

4 komentar:

  1. weeeew thnks atas ilmunya bro sangat bermanfaat sekali kunjungan baliknya ya kalau ada waktu kosong hehehe :D www.naufalthedarkness.blogspot.com

    BalasHapus
  2. lengkap juga ni informasinya..

    BalasHapus

Copyright © 2013 Damarweb.blogspot.com All Right Reserved | Share on Blogger Template Free